Sunday, November 22, 2015

PENTING !!!! BUAT JAGA JAGA AYO KITA KETAHUI' DAN PAHAMI Inilah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Rumah Tangga !! ((BANTU SHARE YA)) !!!





Bagaimanakah Memberi pertolongan pertama bila berlangsung kecelakaan dirumah anda? Tentu kita tidak mau alami hal hal di bawah ini tetapi terkadang musibah tak dapat dijauhi. PERLU TAU nih Panduan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)

Kecelakaan dirumah tangga bisa dikelompokan jadi 2 grup besar :
murni kecelakaan (trauma fisik, panas, kimia, dan lain-lain)
kedaruratan medik (biasanya lantaran penyakit yang terkena seperti kejang, tak sadar, ngamuk, dsb).
Sebagian peristiwa yang kerap didapati dirumah tangga :



Memar

Memar berlangsung lantaran trauma/benturan benda keras. Jatuh ke lantai terbentur meja tembok. tampak ada tonjolan di bagian yang terantuk, terkadang dibarengi wama kebiruan (bisa nampak keesokan hari). Benjol serta kebiruan karena sebab pembuluh darah di bagian yang terserang benturan pecah serta darah masuk kejaringan sekitarnya.

Langkah mengatasinya bila tak ada luka segera dikompres dingin di bagian yang terbentur. untuk menghindar jadi tambah banyak darah yang merembes ke jaringan, kurangi udema (pembengkakan).

Pada hari tersebut dipandang keadaan pembengkakan menyusut atau tak. Pada periode ini penatalaksanaan ditujukan untuk kurangi/menyingkirkan pembengkakan. Langkah yang dipakai dengan memberi kompres panas sepanjang 3-5 menit, untuk memperlebar pembutuh darah setempat, kemudian dikompres dingin sepanjang 1-2 menit. Hal semacam ini dikerjakan 4 - 5 kali satu hari hingga bengkak menghilang, waktu lakukan kompres panas suhu panas jangan sempat menyebabkan luka bakar. Kompres panas bisa memakai air panas dalam kantong atau mungkin dengan obat pemanas kulit (salep/cream/balsam). Pemakaian obat yang diletakkan pada kulit butuh di perhatikan dampaknya.

Untuk memar yang berlangsung di seputar mata, umpamanya terserang tinju.
Langkah penatalaksanaan sama yaitu dalam 24 jam pertama diberikan kompres dingin, setelah itu kompres panas dingin bertukar-ganti.

Laserasi atau Luka Parut

karena sebab benda keras yang mengakibatkan kerusakan permukaan kulit, umpamanya lantaran jatuh waktu lari. Permukaan kulit yang rusak menyebabkan berlangsung perdarahan. Banyak perdarahan bergantung dari tempat luka, dalam serta luas luka.

Langkah menangani luka parut, apabila ada perdarahan dihentikan dulu dengan menghimpit sisi yang keluarkan darah dengan kasa steril atau kain bersih. bersihkan serta bersihkan seputar luka dengan air serta sabun.

Luka dibikin bersih dengan kasa. Cermati pada luka, apabila didapati benda asing (kerikil, kayu, atau benda lain) mengeluarkan. Apabila nyatanya luka terlampau dalam, rujuk ke rumah sakit. Sesudah bersih bisa diberikan anti-infeksi lokal seperti povidon iodine atau kasa anti-infeksi.

Terpotong atau Teriris

dikarenakan oleh benda tajam, bentuk lukanya teratur serta dalam, perdarahan cukup banyak, terlebih bila ada pembuluh darah arteri yang putus terpotong.

Langkah mengatasinya pertama, mengatasi perdarahan terlebih dulu yaitu dikerjakan dengan menghimpit sisi yang keluarkan darah dengan memakai kasa steril atau kain yang bersih. Apabila ada pembuluh nadi yang turut terpotong, serta cukup besar, dikerjakan pembalutan torniquet, dengan meletakkan tali/ikat pinggang/saputangan di bagian pada luka serta jantung dengan cara melingkar, lalu dengan memakai sepotong kayu/ballpoint tali/ikat pinggang/saputangan tadi diputar hingga lilitannya betul-betul kencang. Pembebatan torniquet dikerjakan pada lengan atas atau paha. Pembebatan ditempat lain akan tidak efisien. Pada luka yang teriris dioles anti infeksi lalu ditutup kasa steril.

Luka Bakar

lantaran terserang api, tersiram air panas, minyak panas, hingga kuah masakan yang panas.

Luka bakar dibedakan atas, luka bakar kering biasanya lantaran api, sengatan listrik, logam panas ; luka bakar lantaran cairan panas, air mendidih, uap panas, minyak panas, dan lain-lain ; luka bakar lantaran zat kimia, asam pekat, alkali pekat, dan lain-lain.

Sinyal tanda luka bakar sesuai sama tingkat keparahannya,

* luka bakar enteng rasa panas serta nyeri, kemerah-merahan di bagian yang terserang panas, terkadang ada pembengkakan.
*Luka bakar tengah cirinya sisi yang terserang lebih dalam dari permukaan kulit, rasa panas serta nyeri lebih hebat, terkecuali kemerahan juga muncul gelembung yang diisi cairan.
*Luka bakar berat cirinya jaringan yang terserang lebih dalam hingga jaringan dibawah kulit, terlihat ada jaringan yang mati (kehitaman). Hal yang butuh di perhatikan terkecuali kedalaman luka bakar juga luas permukaan kulit yang terserang trauma panas.

Penatalaksanaan luka bakar bergantung pada tingkat keparahannya.

Luka bakar ringan

Derajat enteng bila luas kurang dari 50% atau derajat tengah dengan dengan luas kurang dari 15 persen atau derajat berat kurang dari 2%. Sisi yang terserang panas dikompres dengan air dingin atau dialiri air dingin. Apabila terlampau luas selekasnya rujuk kerumah sakit. Sisi yang melepuh janganlah dipecah, namun ditutupi. Tak disarankan mengolesi luka bakar dengan odol/kamfer, situasi ini malah bakal memperberat keadaan luka bakar serta bakal menaikkan penderitaan, karena waktu bersihkan bakal merasa sakit.

Luka Bakar Tengah.

Derajat enteng dengan luas kian lebih 50%, derajat tengah dengan luasc15-30%, atau derajat berat dengan luas kian lebih 2 persen butuh selekasnya dirujuk ke rumah sakit dengan menutupi sisi yang terserang panas.

Luka bakar berat.

Lebih kronis serta lebih luas dari keadaan luka bakar tengah, selekasnya rujuk ke rumah sakit yang komplit. Obat-obatan yang dibutuhkan pada luka bakar, terlebih apabila permukaan kulit terbuka, yaitu anti infeksi yang didapatkan dengan cara beri/temaal untuk menghindar kemungkinan terinfeksi. Hal-hal lain yang butuh di perhatikan lantaran bisa meneror korban luka bakar yaitu kehilangan cairan badan (dehidrasi), lantaran permukaan kulit yang rusak, infeksi, cacat badan lantaran ada jaringan parut disebabkan luka bakar (kontraktur). Untuk luka bakar lantaran zat kimia butuh penatalaksanaan spesial, pada umumnya luka bakar dialiri air dingin lebih lama (20 - 30 menit), tutup dengan kain halus, serta rujuk ke rumah sakit.

Terkilir, Terlepas Sendi, serta Patah Tulang

Langkah menangani terkilir, pertama dikerjakan kompres dingin untuk kurangi pembengkakan sendi, lalu dikerjakan pembalutan ketat dua lapis untuk kurangi rasa nyeri serta pembengkakan. Istirahatkan hingga bengkaknya hilang. Terlepas sendi (luxasio) kerap berlangsung pada lanjut usia, terlebih sendi mandibula.

Penatalaksanaan terlepas sendi mesti dikerjakan dirumah sakit oleh pakar ortopedi untuk kembalikan sendi ke posisi normal.

Patah tulang (fracture) bisa tertutup bisa terbuka. Patah tulang terbuka berlangsung bila satu diantara ujung tulang keluar permukaan kulit hingga menyebabkan luka. Patah tulang yang banyak berlangsung dalam rumah tangga lantaran jatuh dari atap, dari pohon, atau terpeleset. Pada wanita lanjut usia banyak berlangsung patah tulang di leher tulang paha (colum femur). saat sebelum dirujuk ke rumah sakit bisa dikerjakan pertolongan pertama seperti berikut : korban dibaringkan, sisi tulang yang diprediksikan patah diistirahatkan, jangan sempat bergerak. Karenanya mesti dikerjakan pembidaian. Prinsip pembidaian yaitu " mematikan " dua persendian yang membatasi sisi tulang yang patah, supaya sisi yang patah tak bergerak atau berubah. Pada patah tulang terbuka terkecuali aksi seperti diatas, perdarahan dihentikan serta luka ditutupi dengan kain steril atau kain bersih supaya tak terkontaminasi bakteri. Setelah itu dirujuk ke rumah sakit. Pada fraktur terbuka tak bisa menarik atau membenarkan sisi yang patah serta/atau memasukan ujung tulang yang mencuat keluar.

Mimisan atau Perdarahan Hidung.

lantaran dikorek-korek atau lantaran hal-hal lain (demam). Langkah menangani yang paling gampang dengan mendudukkan anak agak menunduk, cuping hidung kanan kiri dipencet berbarengan, serta bernapas lewat mulut. Tunggulah hingga 10 menit. Apabila darah masih tetap keluar, selekasnya rujuk ke rumah sakit. Pemakaian langkah tradisional dengan daun sirih, bisa menolong hentikan perdarahan lantaran daun sirih memiliki kandungan zat yang menyempitkan pembuluh darah.

Pingsan (syncope)

situasi seorang kehilangan kesadarannya, lantaran keadaan fisik maupun mental tak baik.

Langkah menangani situasi ini, saat sebelum bertindak cermati pernafasannya. Apabila masih tetap bernapas selekasnya baringkan dengan posisi kepala lebih rendah dari dada serta kaki, baju yang kencang dilonggarkan. Tubuh dihangatkan. Pingsan lantaran kejiwaan sedikit susah diakukan karena umumnya dibarengi kejang (contoh dalam situasi histeris). Apabila tak bernapas, raba nadinya, apabila tak teraba, kerjakan resusitasi jantung paru. Apabila tidak bisa selekasnya rujuk ke rumah sakit

Benda asing

benda yg tidak umum didalam badan, seperti duri menusuk serta tertinggal dalam kulit, biji-bijian yang dimasukkan ke hidung telinga, telinga kemasukan serangga, serta saluran napas tersumbat makanan.

*benda asing di lubang hidung. apabila benda asing tak terlampau besar, diupayakan untuk bersin. Langkahnya dengan mencium bubuk merica. Bila lewat cara itu gagal selekasnya dirujuk ke rumah sakit. Janganlah mengkorek atau menyemprot dengan air lantaran hal semacam ini bisa jadi parah situasi atau benda asing makin dalam.

*benda asing di telinga, umpamanya serangga mesti dikeluarkan dengan meneteskan minyak mineral (gliserin/parafin cair) atau obat tetes telinga, lalu miringkan serta amati benda asing itu keluar atau tak. Apabila tak keluar, janganlah bertindak apa pun karena bisa mengakibatkan kerusakan saluran atau selaput kendang telinga.

*Benda asing di mata, prinsip janganlah menggosok-gosok kelopak mata. Apabila ada darah selekasnya rujuk ke rumah sakit. Apabila debu yang halus, bisa dikerjakan dengan membalik kelopak mata, dengan ujung kapas atau saputangan yang dibasahi ambillah debu yang ada di mata. Bisa pula dikerjakan dengan gelas pencuci mata, atau mungkin dengan mengaliri air bersih. Apabila benda asing menancap pada selaput lendir bola mata, selekasnya rujuk kerumah sakit

* Benda asing dikulit, contoh duri, apabila ujung duri masih tetap teraba cabut dengan alat penjepit yang sudah dibikin bersih/disucihamakan. Apabila halus, duri bambu/kaktus/ulat bulu, bisa lewat cara tempelkan plester pada kulit yang tercancap duri halus, lalu plester dicabut dengan cepat

Benda asing masuk ke tenggorokan, hingga menyumbat saluran nafas, butuh dikerjakan aksi yang cepat serta selekasnya. Pada bayi lewat cara mengangkat ke-2 kaki serta tepuk punggungnya. Pada anak-anak, lewat cara tengkurupkan pada lutut, atau kursi yang di balik tepuk punggungnya. Pada anak yang besar atau dewasa dengan cara Heimlich. Apabila gagal selekasnya rujuk ke rumah sakit. Duri ikan yang tercancap ditenggorokan bisa diatasi dengan menelan bakpao, atau nasi/ketan yang dikepal lalu ditelan. Apabila gagal rujuk ke rumah sakit.

Keracunan.

bisa berlangsung lantaran makanan/minuman contoh keracunan singkong, bongkrek, jengkol, minuman lapen atau lantaran zat kimia seperti baygon, pemutih, toksin tikus, serta yang lain. Keracunanan makanan serta minuman ditandai dengan masalah saluran cerna, mual, muntah, hingga diare, kepala berputar-putar, pada situasi yang berat bisa berlangsung masalah gangguan pernafasan serta bisa wafat dunia.

* keracunan lantaran makan jengkol, ditandai dengan masalah saluran kemih, berbentuk nyeri serta air seni sedikit.

Langkah menangani pada umumnya, apabila baru berlangsung serta korban masih tetap sadar, dengan keluarkan bahan makanan dari lambung dengan meningkatkan muntah. Langkahnya dengan mengorek tenggorokan dengan jari. Apabila tak sadar selekasnya rujuk ke rumah sakit, terlebih sudah nampak sinyal kebiruan (sianotis) pada beberapa daerah ujung jari serta bibir.

Untuk menangani keracunan kimiawi dibutuhkan penatalaksanaan spesial serta cuma dikerjakan dirumah sakit. Bakal sangatlah membantu apabila korban yang dirujuk ke rumah sakit dibarengi dengan zat toksin yang diminum/dikonsumsi. Cara-cara tradisional yang dikerjakan dengan minum air kelapa muda dsb. Hal semacam ini bisa dikerjakan apabila korban sadar. Janganlah sekali-kali memasukkan makanan-minuman lewat mulut pada situasi pasien tak sadar.

Gigitan hewan, Sengatan Serangga serta Toksin dari Tumbuh-tumbuhan.

Peristiwa gigitan/sengatan dari hewan ataupun tumbuhan bisa berlangsung pada rumah tangga. Dari mulai hewan kecil, seperti tungau, pinjal, lebah, nyamuk, kaki seribu, kelabang, hingga ular, anjing. Disebabkan yang riil tampak ada perlukaan pada kulit serta ada sinyal peradangan (merah bengkak, sakit/nyeri). Pada keadaan yang lebih jelek bisa berlangsung kekakuan/kelumpuhan sisi yang terluka.

Spesial pada gigitan ular yang beracun ada dua lubang sisa masuknya taring ular berbisa.

Langkah menangani gigitan hewan (anjing, kucing, kera) korban ditenangkan luka dicuci dengan air bersih serta sabun, beri antiseptik balut, serta rujuk ke rumah sakit. Apabila ada perdarahan hentikan perdarahan lewat cara seperti luka potong atau luka sayat.

Bila luka lantaran sengatan serangga, selekasnya terlepas serangga dari tempat gigitannya, dengan memakai minyak pelumas, atau terpentin atau minyak cat kuku. Sesudah lepas (kepala serta badan serangga) luka dibikin bersih dengan sabun serta diolesi calamine atau cream antihistamin.

Apabila tersengat lebah, ambillah sengatnya dengan jarum halus, bersihkan serta berikan cream antihistamin atau kompres es sisi yang tersengat. Apabila tunjukkan ada sinyal tanda membahayakan, seperti kepala berputar-putar, mual-muntah, pucat terlebih hingga sesak napas, selekasnya rujuk ke rumah sakit.

Perlakuan gigitan ular beracun dengan lakukan torniquet pada sisa gigitan dengan jantung, istirahatkan sisi yang tergigit, seperti kita mengatasi patah tulang. Rujuk ke rumah sakit. Janganlah lakukan sayatan silang serta menghisap darah dari luka sayatan itu, karena terkecuali membahayakan diri untuk yang menghisap darah, akan menyebabkan luka infeksi pada korban.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment